Pages

My Activity

  • l (1)

Minggu, 23 September 2012

TUGAS DASAR TIK 2 (ngaco.com)

Perlunya Etika dan Moral dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dalam kehidupan sekarang tidak dipungkiri begitu pesat teknologi yang dapat mempermudah/menolong kegiatan manusia. Banyak hal yang menguntungkan pengguna teknologi ini, namun juga sering membawa dampak tidak menyenangkan dalam kehidupan sehari-hari yang cenderung mengabaikan norma atau aturan-aturan privasi pengguna itu sendiri. Perlu sekali ditanamkannya etika dan moral dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi ini untuk tetap menciptakan lingkungan yang nyaman dan kondusif antar pengguna teknologi dengan menggunakan sopan santun dalam berkomunikasi yang cenderung terabaikan.

Menanamkan etika dan moral memanglah tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab banyak faktor yang menyumbat etika dan bermoral kita yang cenderung diabaikan ketika menggunakan teknologi. Suatu apapun itu selalu mempunyai sisi positif dan sisi negatifnya, termasuk dalam perkembangan dan pemanfaatan TIK oleh pengguna/user. Maraknya software non ory dan pembajakan serta pemanfaatnya dikalangan user ini tidaklah asal, tetapi mempunyai alasan yang kuat. Latar belakang/faktor terabaikannya etika dan moral dalam menggunakan TIK, salah satunya:
  1. Faktor ekonomi, tingginya kocek yang harus dikeluarkan untuk membeli software asli/original
  2. Faktor sosial, melihat lingkungan yang mempengaruhi cara dia memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara instan.
  3. kurang familiarnya OS Linux dikalangan masyarakat yang dijadikan solusi dan open source lainnya.
 
Latar belakang inilah yang sering dijadikan alasan oleh pengguna-pengguna software yang tidak berlisensi, dan cenderung mengabaikan etika dan moral agar lebih instan dalam memanfaatkan perkembangan TIK. Hal ini janganlah didengar/dilihat saja melainkan kita mencoba memikirkan solusi apa yang dapat memecahkan masalah ini, paling tidak mengurangi pembajakan sofware. Salah satunya adalah: 
  •  kurikulum di sekolah. dalam masalah OS, realisasikan guru-guru TIK (SD, SMP, SMA) untuk lebih mendalami OS Linux ini agar dapat mengajarkan kepada anak-anak didiknya menggunakan OS yang tidak membajak. setidaknya apabila mereka sudah dikenalkan menggunakan OS ini, ketika mereka tumbuh dikalangannya, tidak terlalu ingin menggunakan OS lain yang non ory.
  • memberikan kesempatan pada masyarakat untuk lebih di publikasikan/dikenalkan OS yang berlisensi yang dapat digunakan secara gratis.
 
Semoga dengan paparan diatas dapat menjadikan solusi pembajakan yang jelas mencerminkan pengguna tidak beretika dan bermoral dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sekian, wassalamua’laikum :)

# Etika dan moral  dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih ^^

 

Blogger news

I'm sexy, free, and single !

Blogroll

About

this is about all of my activity, move on !